Beranda BERITA UTAMA Busuknya Suryo Prabowo, Jenderal TNI Doyan Hoaks

Busuknya Suryo Prabowo, Jenderal TNI Doyan Hoaks

236
0

JS Suryo Prabowo

LAMBENEWS | JAKARTA – Siapa Letjen (Purn) Johannes Suryo Prabowo Mantan Kepala Staf Umum (Kasum) publik sudah hafal betul. Dia adalah pendukung garis keras Prabowo Subianto.

Saking gilanya, mantan Wakil Gubernur Timor Timur ini tidak sungkan menyebarkan berita fitnah alias hoax. Melalui akun Twitternya Suryo Prabowo berkicau bebas tentang berbagai masalah walaupun tidak dapat dibuktikan kebenarannya.

Yang aktual Suryo mengaku tidak terima mantan Danjen Kopassus, Mayjen TNI (Purn) Soenarko dituduh makar.

Bagi purnawirawan, tuduhan makar itu tak ubahnya hinaan.

“Jangan hina kami para purnawirawan dengan makar. Kami punya apa? Saat ini persis menjelang 1965. Para ulama ditangkapi, dibunuh, dan muncul Dewan Jenderal yang ujungnya para jenderal Angkatan Darat dibunuh dan dibuang di lubang buaya,” ujar Suryo Prabowo dalam konferensi pers yang digelar Advokat Senopati-08 di Hotel Century, Senayan, Jakarta, Jumat (31/5).

Ia meminta media jangan mudah menuduh dengan mengutip pernyataan orang.

“Saya sakit hati dengan pemberitaan soal penangkapan Pak Sunarko,” tegasnya seperti dilansir dari RMOL.id.

Menurut dia, tidak ada jenderal yang pengalaman tempurnya menyamai Soenarko. Sekalipun itu Menkopolhukam, Wiranto.

“Mungkin kakinya (Menkopolhukam) belum pernah berlumpur,” cetusnya.

Suryo Prabowo membantah kabar Soenarko ditangkap di bandara, apalagi menggunakan senjata rakitan.

“Boleh Pak Narko dibilang bersalah tetapi jangan dibilang makar. Jangan mudah menggunakan kata makar. Jangan sekali sekali,” ucapnya.

“Saya kira dengan Menkopolhukam pun lebih banyak jam terbangnya Soenarko berjuang membela negara di medan tempur,” katanya lagi.

Soenarko kini ditahan di Rutan Guntur bersama Praka BP yang juga ditangkap atas kasus serupa.

Soenarko diduga melanggar UU 1/1946 Pasal 110 jo 108 KUHP, dan UU 1/1946 Pasal 163 bis Jo 416 mengenai keamanan negara atau makar.

Suryo Prabowo ialah mantan Kepala Staf Umum TNI pada periode 1 April 2011-30 Juni 2012. Ia sempat menjadi Wakil Gubernur Timor Timur pada tahun 1998. Perwira TNI AD korps Zeni ini adalah alumni Akabri tahun 1976.

Jenderal Aneh

Menurut sumber di TNI Suryo ini waktu masih aktif di TNI agak aneh. Dialah satu-satunya Kasum yang tidak pernah menghadap Panglima TNI. “Tidak loyal dan suka jalan sendiri karena mereka soak pintar,” kata seorang Purnawirawan TNI Angkatan Darat.

Soal Sunarko seharusnya Suryo bisa bedakan ketika Sunarko masih menjabat dan setelah jadi pensiunan.

“Ketika Sunarko kini pensiunan dan telah menggugah video tentang perencanaan makar itu kan diucapkan langsung oleh mulut Sunarko. Resikonya memang harus ditangkap Karena disitu terungkap betapa sdh matang perencanan dan pemufakatan jahatnya terhadap pemerintah yg sah saat ini walau hingga Oktober 2019” kata purnawirawan TNI tadi.

Sebar Hoaks

Pada foto yang diunggah akun Twitter Suryo Prabowo @marierteman, Minggu (18/11/2018), tampak seorang wanita berbaju ungu sedang menunjukan sesuatu pada beberapa laki-laki yang berpakaian seperti perwira TNI angkatan darat (AD) dan seorang laki-laki berseragam seperti TNI AU.

Akun itu mengatakan jika pangkat istri TNI lebih tinggi dari pangkat suami hingga dapat mengatur perwira bawahan suami.

“PANGKAT istri itu ternyata ….. benar satu tingkat LEBIH TINGGI dari pangkat suaminya padahal dulu itu cuma lucu-lucuan loh, sekarang istri tentara bukan cuma pangkatnya lebih tinggi, tapi malah bisa ngatur para perwira bawahan suaminya. @Puspen_TNI @tni_ad @_TNIAL_ @_TNIAU” tulis @marierteman

Menurut nitizen postingan Johannes Suryo Prabowo itu adalah hoaks. “Jenderal pensiunan yang satu ini memang doyan sebar hoaxs. Tentara aneh”(Cep)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here